Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN AGAMA PRINGSEWU

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN AGAMA PRINGSEWU

Jl. Pelita II, Pringsewu Tim., Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung 35373

Email : papringsewu@gmail.com

SIPP PASistem Informasi Pengawasan MA-RI


Logo Artikel

SIDANG ITSBAT NIKAH TERPADU TAHAP III

SIDANG ITSBAT NIKAH TERPADU TAHAP III

WhatsApp Image 2019

Sidang Itsbat Nikah Terpadu Kabupaten Pringsewu diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Pringsewu ke-10 Tahun 2019 yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Sukoharjo pada hari kamis tanggal 28 Maret 2019. Sidang Itsbat Nikah Terpadu ini merupakan sidang Tahap ke-3 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama Pringsewu dan Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Pringsewu yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Pringsewu Ir. H. Achmad Alwi Siregar, Wakil Ketua Pengadilan Agama  Pringsewu, Kepala  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, FORKOPIMDA Kabupaten Pringsewu, Kepala OPD, Ketua MUI Kabupaten Pringsewu, Kepala KUA Kecamatan Banyumas, Kepala KUA Kecamatan Sukoharjo, Kepala KUA Kecamatan Adiluwih, Camat Se-Kabupaten Pringsewu khususnya Camat Banyumas, Camat Sukoharjo, Camat Adiluwih, Kepala Pekon, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pasangan suami istri peserta itsbat.

WhatsApp Image 2019 03 28 at 10.02.541

Acara pembukaan Sidang Itsbat Nikah Terpadu dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Kabupaten Pringsewu yang diikuti oleh seluruh hadirin. Acara selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan pembacaan doa. 

WhatsApp Image 2019 03 28 at 10.02.54

Setelah itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu Hasan Basri, S.E., M.M. menyampaikan Laporan Pelaksanaan Kegiatan Sidang Itsbat Nikah Terpadu. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap. Tahap pertama dilaksanakan di Gedung Serba Guna Balai Pekon Margodadi Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Tahap pertama meliputi 3 (tiga) kecamatan yaitu kecamatan Gadingrejo, kecamatan Ambarawa, dan kecamatan Pardasuka. Tahap kedua dilaksankaan di Gedung Serba Guna Pagelaran  Kabupaten Pringsewu. Tahap ini meliputi 3 (tiga) kecamatan yaitu kecamatan Pringsewu , kecamatan Pagelaran, dan kecamatan Pagelaran Utara. Tahap ketiga dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Tahap ini meliputi 3 (tiga) kecamatan yaitu kecamatan Banyumas, kecamatan Sukoharjo, dan kecamatan Adiluwih. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah masyarakat berhak mendapatkan pengakuan hukum tanpa diskriminasi termasuk hak membentuk keluarga dan keturunan melalui perkawinan yang sah dan hak anak atas identitas diri yang dituangkan dalam akta kelahiran, membantu masyarakat kurang mampu dalam menyelesaikan proses pencatatan perkawinan dan pencatatan kelahiran, dan membantu masyarakat kurang mampu dalam memperoleh Akta Perkawinan, Buku Nikah dan Akta Kelahiran. Biaya kegiatan Sidang Itsbat Nikah Terpadu bersumber dari APBD Kabupaten Pringsewu Tahun 2019. Bapak Hasan Basri, S.E., M.M. mengucapkan terima kasih atas kerja sama nya 3 (tiga) instansi dengan Pengadilan Agama dan Kementrian Agama. Ucapan terima kasih dihaturkan juga kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu.

WhatsApp Image 2019 03 28 at 10.02.52

Selanjutnya sambutan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu Drs. H. Marwansyah. Kepala Kemenag mengatakan para peserta sidang itsbat nikah akan diakui status pernikahannya secara resmi oleh negara yang mana akan dikeluarkan oleh Kantor Urusan Agama sesuai dengan masing-masing kecamatan. Para Pasutri yang berasal dari berbagai wilayah ini yang pernikahannya belum tercatat di KUA, mereka menjalani sidang itsbat nikah demi untuk mendapatkan buku nikah yang sah di mata hukum. Selain bekerja sama dalam kegiatan itsbat nikah terpadu ini Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu juga telah melakukan beberapa kegiatan sinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu. Drs. H. Marwansyah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu dan Pengadilan Agama yang telah menjalin kerja sama dalam kegiatan itsbat nikah terpadu ini. Semoga kegiatan ini dapat diselenggarakan lagi pada tahun berikutnya.

WhatsApp Image 2019 03 28 at 10.02.48

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pringsewu Ridwan Harahap, S.H., M.H. Beliau menyampaikan bahwa Kegiatan Sidang Itsbat Nikah Terpadu dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap. Tahap pertama dan kedua sudah terlaksana dengan baik. Kali ini merupakan Sidang Itsbat Nikah Terpadu tahap ketiga. Sidang Itsbat Nikah Terpadu tahap pertama diikuti oleh 90 pasang suami isteri. Sidang Itsbat Nikah Terpadu tahap kedua diikuti oleh 80 pasang suami isteri. Sidang Itsbat Nikah Terpadu tahap ketiga diikuti oleh 80 pasang suami isteri. Kegiatan Sidang Itsbat Nikah Terpadu dilaksanakan berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 01 Tahun 2015 Tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama / Mahkamah Syar'iyah Dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah dan Akta Kelahiran. Kantor Pengadilan Agama Pringsewu merupakan instansi vertikal yang baru saja berdiri selama 5 (lima) bulan di Kabupaten Pringsewu. Pengadilan Agama Pringsewu mulai beroperasi pada tanggal 29 Oktober 2018. Dengan usia yang masih sangat muda Pengadilan Agama Pringsewu bersyukur dan berterima kasih sekali kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu yang telah mengikutsertakan dalam pelaksanaan kegiatan Sidang Itsbat Nikah Terpadu ini. Bapak Ridwan Harahap, S.H., M.H. juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga kerja sama ini bukan hanya terlaksana pada tahun ini saja tetapi untuk tahun selanjutnya. Pengadilan Agama Pringsewu mengucapkan maaf sebesar-besarnya dengan keterbatasan Sumber Daya Manusia yang dimiliki kepada pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu dan seluruh unsur yang terlibat. Terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu yang telah menganggarkan biaya untuk Sidang Itsbat Nikah Terpadu ini. Terima kasih kepada Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, FORKOPIMDA Kabupaten Pringsewu, Kepala OPD, Ketua MUI Kabupaten Pringsewu, Kepala KUA Kecamatan Banyumas, Kepala KUA Kecamatan Sukoharjo, Kepala KUA Kecamatan Adiluwih, Camat Se-Kabupaten Pringsewu khususnya Camat Banyumas, Camat Sukoharjo, Camat Adiluwih, Kepala Pekon, tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat.

WhatsApp Image 2019 03 28 at 10.20.24

WhatsApp Image 2019 03 28

Acara selanjutnya Penyerahan Buku Nikah dan Akte Lahir secara simbolis yang diserahkan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Pringsewu dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Pringsewu.

WhatsApp Image 2019 03 28 at 10.20.15

Setelah menyerahkan Buku Nikah dan Akte Lahir secara simbolis Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Pringsewu Ir. H. Achmad Alwi Siregar menyampaikan sambuatan Bapak Bupati Kabupaten Pringsewu. Dalam sambutannya Bupati Pringsewu sangat menyambut baik dengan terlaksananya Sidang Itsbat Nikah Terpadu pada hari ini. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap. Tahap pertama dilaksanakan di Gedung Serba Guna Balai Pekon Margodadi Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Tahap kedua dilaksankaan di Gedung Serba Guna Pagelaran  Kabupaten Pringsewu. Tahap ketiga dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Masih banyak masyarakat Kabupaten Pringsewu yang belum mempunyai buku nikah dan akte kelahiran dikarenakan terhambat oleh faktor biaya. Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu ingin sekali membantu masyarakat yang belum mempunyai buku nikah dan akte kelahiran. Jumlah peserta Sidang Itsbat Nikah Terpadu pada tahun 2019 adalah sebanyak 250 pasangan suami isteri. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu sejumlah 150 pasangan suami isteri. Semoga Sidang Itsbat Nikah Terpadu bisa dilaksanakan kembali pada tahun selanjutnya. Setelah selesai menyampaikan sambutan Bupati Pringsewu yang dalam hal ini disampaikan oleh Ir. H. Achmad Alwi Siregar, kegiatan Sidang Itsbat Nikah Terpadu resmi dibuka dengan mengucap Bismillahirrohmaanirrohim.

Acara pembukaan Sidang Itsbat Nikah Terpadu ditutup dengan berfoto bersama dan dilanjutkan dengan pelaksanaan Sidang Itsbat Nikah Terpadu.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas