Sosialisasi Service Excellent/Pelayanan Prima Pengadilan Agama Pringsewu
Pringsewu – Pengadilan Agama Pringsewu bekerja sama dengan Bank BSI Cabang Pringsewu menyelenggarakan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima (Service Excellent) bagi pegawai Pengadilan Agama Pringsewu khususnya pegawai yang menjalankan tugas di bidang pelayanan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at (13/01/2023) di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Pringsewu.
Ketua Pengadilan Agama Pringsewu, Siti Khadijah, S.H.I., membuka kegiatan dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim dari BSI yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu mengenai Service Excellent. “Maksud dan tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk agar aparatur Pengadilan Agama Pringsewu dapat memberikan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan” ucap beliau.
Tim dari BSI sebagai Trainer dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa dalam penerapan Service Excellent kita tidak hanya memenuhi apa yang dibutuhkan saja tetapi kita dapat memberikan lebih dari apa yang diharapkan dari orang yang kita layani. Hal yang paling dasar dalam pelayanan adalah kita harus memiliki standar pelayanan terlebih dahulu, karena pelayanan terbaik bukan karena kebetulan melainkan karena kita yang desain.
Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan training kepada Petugas PTSP Pengadilan Agama Pringsewu bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada para pencari keadilan. Kemampuan komunikasi yang baik menjadi kunci keberhasilan dalam memberikan pelayanan dengan disertai penerapan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun). Dengan tutur kata sopan, hangat dan setulus hati sertsa mendengarkan lawan bicara kita dengan empati sehingga lawan bicara kita merasa dihargai, maka dapat memberikan kepuasan bagi orang yang kita layani.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi Aparatur Pengadilan Agama Pringsewu khususnya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan.